Image
Image

Cara Membuat Laporan Keuangan Sederhana

Star InactiveStar InactiveStar InactiveStar InactiveStar Inactive
 

Pada hari Kamis, 12 September 2019 kami mengadakan kelas edukasi kepada para UMKM anggota Wiranesia dalam membuat laporan keuangan sederhana. Pentingnya edukasi ini dikarenakan banyak UMKM terutama pengusaha mikro yang tidak memiliki laporan keuangan, sehingga kesulitan dalam menghitung modal, omset (penghasilan kotor), serta keuntungan bersih yang didapat. Adanya laporan keuangan yang sederhana setidaknya dapat membantu para UMKM untuk menghitung stok barang, modal harian (Harga Pokok Produksi/HPP), omset, biaya operasional, dan keuntungan bersih sehingga para UMKM dapat memproyeksikan perkembangan usaha mereka ke depan. Selain untuk melihat tren dan proyeksi perkembangan usaha, adanya laporan keuangan dapat membantu para UMKM untuk mendapatkan modal usaha di berbagai layanan jasa keuangan, mulai dari Bank, hingga aplikasi peminjaman online.

Laporan keuangan merupakan bahan analisa keuangan dan kemampuan finansial para UMKM dalam mengajukan pinjaman di berbagai penyedia layanan jasa keuangan, sehingga selain bermanfaat untuk internal perkembangan usaha para UMKM tersebut, laporan keuangan juga memiliki manfaat sebagai arsip dan dokumen untuk mengajukan permodalan bagi para UMKM yang membutuhkan modal usaha dalam mengembangkan dan meningkatkan produksi mereka.

Kami yakin bahwa dengan adanya kerjasama yang melibatkan kedua belah pihak ini akan bersama sama mewujudkan kegiatan yang positif bagi para pelaku UMKM khususnya para member wiranesia, kami senantiasa akan selalu mendukung kegiatan yang dilakukan oleh Wiranesia Inkubator dengan mempersatukan visi dan misi yang sama untuk membantu inklusi keuangan yang baik untuk Indonesia.
Dapatkan komisi untuk setiap pemberian pinjaman dan pinjaman anggota yang Anda refer. Pelajari lebih lanjut

Search

Please insert your fullname

Please insert your Telephone Number

Please upload KTP